Kahil adalah salah satu titik Nabawi. Artinya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah dibekam dengan titik ini, ketika beliau diracun wanita Yahudi melalui daging kambing yang disuguhkannya. Kahil merupakan bentuk mufrad. Berarti titik ini hanya satu. Kahil adalah mujtama’ al-katifain, titik temu antara dua pundak.

Dalil titik kahil adalah:

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- احْتَجَمَ ثَلاَثًا فِى الأَخْدَعَيْنِ وَالْكَاهِلِ. قَالَ مَعْمَرٌ احْتَجَمْتُ فَذَهَبَ عَقْلِى حَتَّى كُنْتُ أُلَقَّنُ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ فِى صَلاَتِى. وَكَانَ احْتَجَمَ عَلَى هَامَتِهِ. (ابو داود 3862 . ابن ماجه  3483) صحيح. الالباني

Posisinya sebagaimana yang dijelaskan dalam beberapa kutub syuruh, di antaranya Kitab Tuhfatul-Ahwadzy, adalah:
وهو مقدم أعلى الظهر مما يلي العنق وهو الثلث الأعلى مما يلي الظهر
Yaitu superior vertebra yang menghubungkan ke cervical, pada posisi sepertiga teratas dari vertebra.

Titik Bekam Berbagai Macam Penyakit

Titik kahil merupakan titik bekam pamungkas, yang diperuntukkan bagi penanganan berbagai macam penyakit, di antaranya karena alasan berikut yang disebutkan dalam kitab Zadul-Ma’ad Bab Hadyun-Naby fi Ilaj Al-Humma:
وهو أقربُ المواضع التى يمكن فيها الحجامة إلى القلب
Karena titik kahil merupakan posisi paling berdekatan dengan organ jantung dalam praktik hijamah.

Artinya, bekam dititikberatkan pada mekanisme system cardiovascular, yang terpusat di jantung. Maka titik inti dari seluruh titik-titik bekam adalah di titik kahil ini.

Ada beberapa kesalahan dalam menetapkan titik kahil. Repotnya, banyak pembekam yang tak mau sharing, enggan meningkatkan keilmuannya, mungkin karena merasa tahu dan bisa. Wa Allah a’lam. Karena keliru dan salah, sebagian kasus ada yang menimbulkan efek tak baik bagi pasien dengan beberapa gejala klinis yang mengganggu, walau memang tidak semua mengalaminya. Bayangkan, seorang pasien dibekam di titik kahil yang merupakan titik Nabawi, tapi saat bekam dan sesudahnya dia tak mampu bicara lagi. Nah, apa aja efek malpraktik titik kahil?

Karena diperuntukkan bagi semua penyakit, maka manfaat titik ini termasuk super, hebat. Secara lebih terinci disebutkan dalam kitab Tahdzib Al-Atsar Ath-Thabary, nomer 2865:
وأن الحجامة على الكاهل نفعها من الأدواء العارضة في الجسد كله
Hijamah di titik kahil bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh.

Dalam kitab Tuhfatul-Ahwadzy juga disebutkan, lebih baik ambil titik kahil ini ketimbang melakukan venasection di basilica.

Perbandingan: Ada titik bekam lain yang juga termasuk titik pamungkas, yaitu titik jauzah qamahduwah. Titik ini pada posisi occipital bone. Tapi haditsnya dha’if.

Ini sebagian kecil materi dari modul Titik-titik Nabawi yang disampaikan di LKP Assabil Holy Holistic Jakarta

Berita terkini sehubungan lahirnya Peraturan Pemerintah 103, tak perlu dianggap sebagai penghalang untuk terus mendakwahkan Thibb Nabawi. Atau justru kebalikannya, di satu sisi PP 103 ini harus ditanggapi secara positif bahwa kini praktik bekam tak selayaknya dilakukan sembarangan oleh sembarang orang, dengan alat sembarangan, di tempat sembarangan, SOP sembarangan. Perlu ada system pembelajaran yang baik sampai ke vokasi D3. Semoga ke depan tak ada lagi bekam sembarangan, tak ada pemlesetan istilah dan definisi, tak ada bekam karbit, tak ada promosi yang berlebihan, seperti “pusat bekam terbesar di Indonesia”.

Pesan sponsor:
Ikutilah pelatihan dan kursus bekam di Assabil Holy Holistic, insya Allah dengan metode terbarukan. Info lengkap menyusul.

Hotline        62-8-1234567-266